MAKALAH
PENGANGGARAN
PERUSAHAAN
ANGGARAN
BIAYA ADMINISTRASI UMUM
Dosen : Isnan Murdiansyah,
SE.MSA.,Ak
Dibuat
oleh :
Abdillah Ibrahim
Imam Safi’i
Naufal Afnani
Nuri Bisiranawati
Putri Siah Hapsari
|
211131390
211131403
211131412
211131413
211131416
|
JURUSAN
AKUNTANSI
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI WIDYA GAMA
LUMAJANG
2014
ANGGARAN
BIAYA UMUM DAN ADMINISTRASI
A. PENGERTIAN
ANGGARAN BIAYA UMUM DAN ADMINISTRASI
Anggaran biaya umum adalah anggaran yang berisi semua
biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk direksi dan stafnya, bagian
keuangan dan bagian administrasi.
Anggaran administrasi yaitu anggaran yang berisi
biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan-kegiatan yang menunjang usaha perusahaan diluar
kegiatan pabrik. Anggaran biaya
administrasi merupakan anggaran yang disusun secara terperinci tentang besarnya
biaya administrasi perusahaan dan biaya-biaya lain untuk keperluan secara
keseluruhan dari perusahaan.
Bersama-sama dengan anggaran distribusi, maka anggaran
biaya umum dan administrasi ini akan membentuk anggaran biaya operasional
(operating expense budget).
Biaya administrasi umum merupakan biaya yang terjadi
dibagian administrasi umum. Bagian ini pada umumnya merupakan bagian yang
terdiri dari beraneka ragam pekerjaan (selain pekerjaan pabrik dan penjualan)
dan karena banyaknya sering disebut sebagai bagian umum. Sesuai dengan namanya
yaitu bagian administrasi umum, maka bagian ini akan mengurusi masalah-masalah
administrasi perusahaan (kecuali administrasi penjualan dan administrasi
pabrik) serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan
secara umum. Fasilitas-fasilitas perusahaan untuk para karyawan baik dari
pimpinan perusahaan sampai dengan karyawan yang paling bawah akan diurusi
didalam bagian ini. Dengan demikian maka besar dan kecilnya suatu perusahaan
akan mempengarhi banyak dan sedikitnya serta kompleks dan tidaknya permasalahan
yang timbul didalam bagian administrasi umum ini.
Pada umumnya bentuk dari anggaran ini adalah sama pula
sebagaimana yang lain, yaitu terdiri dari kolom keterangan dan kolom jumlah
rupiah dari masing-masing pos anggaran yang ada. Beberapa perusahaan yang telah
mempunyai dan mempergunakan kode rekening untuk setiap pos anggaran yang ada,
maka kode rekening ini akan diletakkan pada kolom paling kiri, yaitu sebelum
kolom keterangan.
Hal
ini menggambarkan bahwa jika perusahaan membagi kantor administrasi menjadi
beberapa bagian, maka rencana tentang biaya administrasi dan masing-masing
bagian tersebut juga harus diperinci dan dipisahkan secara jelas.
Termasuk dalam beban
ini adalah :
a.
Gaji pegawai bagian adminstrasi
b.
Biaya tulis menulis
c.
Penyusutan atau depresi bangunan kantor
d.
Penyusutan atau depresi inventaris kantor
e.
Biaya telefon
f.
Biaya listrik
g.
Gaji pimpinan perusahaan dan staf, dan
lain-lain
Biaya
operasi ini sifatnya berubah-ubah sejalan dengan kegiatan perusahaan atau
biasanya biaya operasi ini tergolong pada biaya variabel.
Ada beberapa bagian
yang biasanya dipergunakan dalam kantor administrasi dan umum antara lain :
a.
Bagian secretariat
b.
Bagian
keuangan
c.
Bagian perlengkapan
d.
Bagian personalia
e.
Bagian perhubungan
Dalam
penyusunan anggaran biaya administrasi ada beberapa faktor yang mempengaruhi
penyusunan anggaran biaya administrasi antara lain:
a.
Anggaran penjualan
b.
Anggaran unit yang diproduksikan
c.
Berbagai standar yang telah ditetapkan
perusahaan
d.
System pembayaran upah (gaji)
e.
Metode depresiasi
f.
Metode alokasi biaya
B. PEMBAGIAN
BIAYA BERSAMA
Biaya
bersama akan muncul akibat penggunaan fasilitas secara bersama. Misalnya sebuah
gedung dipakai oleh bagian penjualan, bagian pabrik dan untuk kantor
administrasi. Karena dipakai bersama maka secara proporsional biaya depresiasi
gedung tersebut akan dialokasikan atau akan ditanggung oleh masing-masing
bagian sesuai dengan luas gedung yang digunakan. Dasar yang digunakan untuk
pembagian biaya bersama tergantung pada fasilitas tersebut. Misalnya untuk
gedung didasarkan pada luas bangunan, kendaraan didasarkan kilometer
pemakaian,dan lain sebagainya.
C. KEGUNAAN
ANGGARAN BIAYA ADMINISTRASI
Kegunaan
Budget Biaya Administrasi :
- Secara umum mempunyai Tiga Kegunaan pokok (sebagai kegunaan Manajerial) yaitu :
- sebagai pedoman kerja,
- sebagai alat manajemen untuk menciptakan koordinasi kerja
- sebagai alat manajemen untuk melakukan evaluasi atau pengawasan kerja
2. Secara
khusus mempunyai kegunaan antara lain Sebagai dasar untuk menyusun budget kas
karena sebagian dari biaya administrasi memerlukan pembayaran atau
pengeluaran kas. Sedangkan sebagian lain dari biaya administrasi tidak
memerlukan pembayaran atau pengeluaran kas, seperti misalnya biaya depresiasi
dari aktiva tetap yang ada di lingkungan Bagian Administrasi Umum.
D. PENYUSUNAN
ANGGARAN BIAYA ADMINISTRASI
Dalam mempersiapkan dan
menyusun anggaran sangat tergantung pada struktur organisasi dari masing-masing
perusahaan, akan tetapi pada garis besarnya tugas mempersiapkan dan menyusun
anggaran dapat didelegasikan kepada :
- Bagian administrasi, bagi perusahaan kecil. Hal ini disebabkan karena kegiatan-kegiatan perusahaan tidak terlalu kompleks, sederhana dengan ruang lingkup terbatas, sehingga tugas penyusunan anggaran dapat diserahkan kepada salah satu bagian saja dari perusahaan yang bersangkutan. Dibagian administrasi inilah terkumpul semua data-data dan informasi yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, baik kegiatan di bidang pemasaran, kegiatan di bidang produksi, kegiatan di bidang pembelanjaan, maupun kegiatan di bidang personalia. Dengan bekal data dan informasi tersebut ditambah dengan data dan informasi dari luar perusahaan (ekstern), bagian administrasi diharapkan lebih mampu menyusun anggaran daripada bagian-bagian lain dalam perusahaan.
- Panitia anggaran, bagi perusahaan yang besar. Hal ini disebabkan karena kegiatan perusahaan yang cukup kompleks, beraneka ragam, dengan ruang lingkup yang cukup luas, sehingga bagian administrasi tidak mungkin dan tidak mampu lagi menyusun anggaran sendiri tanpa partisipasi secara aktif bagian-bagian lain dalam perusahaan. Oleh karena itu tugas menyusun anggaran perlu melibatkan semua unsur yang mewakili semua bagian yang ada dalam perusahaan, yang duduk dalam panitia anggaran . Tim penyusun anggaran ini biasanya diketuai oleh salah seorang pimpinan perusahaan dengan anggota-anggota yang mewakili bagian pemasaran, bagian produksi, bagian perbelanjaan serta bagian personalia.
Sebelum disyahkan oleh pimpinan tertinggi perusahaan,
masih dimungkinkan pula untuk diadakannya pembahasan-pembahasan antara pimpinan
tertinggi perusahaan dengan pihak yang diserahi tugas menyusun rancangan
anggaran tersebut.
Setelah disyahkan oleh pimpinan tertinggi perusahaan,
maka rancangan anggaran tersebut telah menjadi anggaran yang defenitif, yang
akan dijadikan sebagai pedoman kerja, sebagai alat pengkoordinasian kerja dan
sebagai alat pengawasan. Bilamana tugas penyusunan rancangan anggaran serta
anggaran yang defenitif telah selesai, maka panitia anggaran tidak bubar,
melainkan secara berkala masih perlu mengadakan pertemuan-pertemuan konsultatif
guna membahas pelaksanaan anggaran tersebut dari waktu ke waktu, untuk
meningkatkan kerja sama dan koordinasi, serta mengadakan revisi-revisi terhadap
anggaran yang telah disusun bilamana memang dirasa perlu.
Karena biaya administrasi terdiri dari berbagai biaya
maka dalam menentukan besarnya biaya administrasi pada waktu yang akan
datang perlu didasarkan pada sifat biaya
masing-masing komponen biaya tersebut.
~
Biaya tetap
Untuk
biaya-biaya yang sifatnya tetap seperti depresiasi, gaji karyawan maka
penentuan biaya pada periode yang akan datang didasarkan pada periode
sebelumnya.
~
Biaya variabel
Untuk
biaya-biaya yang sifatnya variabel seperti kertas dan alat tulis dan peralatan
habis pakai lainnya, maka penentuan tersebut biaya pada periode yang akan
datang didasarkan pada tarif biaya tersebut pada waktu yang lalu. Berbeda
dengan biaya tetap, tarif biaya variabel memerlukan penyesuaian karena
perubahan harga-harga yang terjadi di pasar.
~
Biaya semivariabel
Untuk
biaya-biaya yang sifatnya semivariabel seperti pemeliharaan gedung, maka
penentuan biaya pada periode yang akan datang didasarkan pada analisis terhadap
biaya tersebut. Sebagian biaya yang bersifat tetap besarnya sama dengan periode
sebelumnya, sedang sebagian yang bersifat variabel akan ditentukan berdasarkan
tertentu.
Data dan informasi yang diperlukan untuk
menyusun Budget Biaya administrasi antara lain :
~ Rencana penjualan yang tertuang dalam butget penjualan. Khususnya tentang
kuantitas dari masing-masing jenis barang yang akan dijual dari waktu ke waktu
yang akan datang. Hal ini disebabkan karna kegiatan penjualan termasuk salah
satu kegiatan yang dicatat dan diadministrasikan oleh bagian umum administrasi
perusahaan.
~ Rencana produksi yang tertuang dalam butget unit yang akan diproduksikan,
khusus nya tentang jumblah kuantitas dari masing-masing jenis barang yang akan
diproduksikan dari waktu ke waktu (bulan ke bulan) selama periode tertentu yang
akan datang.
~ Berbagai satandar biaya-biaya yang termasuk dalam kelompok biaya
administrasi yang telah di tetapkan perusahaan. Standar-satandar biaya semacam
ini sangat diperlukan oleh perusahaan, untuk mengendalikan efesiensi kerja para
karyawan (controlling). Standar biaya-biaya yang termasuk dalam kelommpok biaya
administrasi ini dihimpun menjadi satu dalam suatu anggran variable (variable
butget) besama-sama dengan standar-standar biaya yang termasuk dalam kelompok
biaya pabrik tidak langsung.
~ Sistem pembayaran upah (gaji) yang dipakai oleh perusahaan, khususnya upah
yang di bayarkan oleh perusahaaan kepada karyawan dibagian administrasi umum.
~ Metode depresiasi yang dipakai oleh perusahaan, khususnya depresiasi
terhadap aktiva tetap pada bagian administrasi umum.
~ Metode alokasi biaya yang dipakai oleh perusahaan untuk membagi
(distribusi) biaya-biaya yang semula merukan satu kesatuan biaya bersama (join
cost) kedalam kelompok-kelompok sesuai dengan tempat dimana biaya itu terdapat
atau terjadi.
E. CONTOH
SOAL
Contoh Budget Biaya Administrasi Triwulan I :
PT. XYZ Persada, sesuai dengan struktur organisasinya
membagi bagian administrasi umum menjadi tiga Subbagian : Sub Bagian
Sekretariat, Sub bagian Pembukuan dan Sub Bagian Rumah Tangga. Untuk Keperluan
penyusunan Budget Biaya Administrasi Tahun 2009 perusahaan telah menetapkan
standar biaya beserta alokasinya sebagai berikut :
·
Besarnya gaji karyawan administrasi umum ditetapkan
dalam jumlah tertentu untuk satu bulan dan tidak di pengaruhi banyak sedikitnya
produksi atau penjualan pada bulan yang berangkutan. Selama tahun 2009
direncanakan ada kenaikan gaji pada bulan Mei sebesar 10% , sebagai contoh tiap
bulannya gaji karyawan pada masing-masing Sub Bagian adalah sebagai berikut :
- Sub Bagian
Sekretariat :
Rp. 12.000.000,-
- Sub Bagian
Pembukuan :
Rp. 11.000.000,-
- Sub Bagian
Rumah Tangga
:
Rp. 10.000.000,-
·
Besarnya Biaya Bahan Pembantu untuk keperluan
administrasi bagi masing-masing sub bagian pada bulan Januari s/d April 2009
adalah :
- Sub Bagian
Sekretariat :
Rp. 750.000 di tambah Rp. 60 per JKTKL
- Sub Bagian
Pembukuan
:
Rp. 600.000 di tambah Rp. 60 per JKTKL
- Sub Bagian
Rumah Tangga
:
Rp. 750.000 di tambah Rp. 60 per JKTKL
Berdasarkan
budget upah TKL yang telah terlebih dulu di susun diketahui bahwa pada tiap
bulannya Januari s/d April 2009 yang akan datang perusahaan akan
melakukan produksi selama 51.000 JKTKL
·
Besarnya biaya pemeliharaan Gedung untuk tiap bulannya
Januari s/d April 2009 direncanakan sebesar Rp. 1.000.000 ditambah dengan Rp. 5
per JKTKL. Bagian Administrasi Umum memikul 10% dari Biaya Pemeliharaan Gedung
tersebut dan berdasarkan perbandingan luas masing-masing Sub Bagian yang ada di
bagian Administrasi Umum ditetapkan perbandingan sebagai berikut :
- Sub Bagian
Sekretariat :
40%
- Sub Bagian
Pembukuan
:
30%
- Sub Bagian
Rumah Tangga
:
30%
·
Besarnya Biaya pemeliharaan alat-alat untuk
masing-masing sub bagian di bagian Administrasi Umum telah ditetapkan untuk
tiap bulannya Januari s/d April 2009 :
- Sub Bagian
Sekretariat :
Rp. 100.000 di tambah Rp. 40 per JKTKL
- Sub Bagian
Pembukuan
:
Rp. 100.000 di tambah Rp. 40 per JKTKL
- Sub Bagian
Rumah Tangga
:
Rp. 100.000 di tambah Rp. 40 per JKTKL
·
Besarnya Biaya Listrik Perusahaan untuk tiap
bulannya diperkirakan selalu sama sebesar Rp. 1.000.000,-
Bagian Administrasi Umum memikul 30% dari Biaya Listrik tersebut
dan berdasarkan perbandingan penggunaan watt masing-masing Sub Bagian yang ada
di bagian Administrasi Umum ditetapkan perbandingan sebagai berikut :
- Sub Bagian
Sekretariat :
40%
- Sub Bagian
Pembukuan
:
30%
- Sub Bagian
Rumah Tangga
:
30%
·
Besarnya Biaya Depresiasi Gedung untuk tiap
bulannya dengan mengunakan Metode Garis Lurus Rp. 3.000.000,- per
bulan. Bagian Administrasi Umum memikul 15% dari Biaya Depresiasi
tersebut dan berdasarkan perbandingan luas masing-masing Sub Bagian yang
ada di bagian Administrasi Umum ditetapkan perbandingan sebagai berikut :
- Sub Bagian
Sekretariat :
40%
- Sub Bagian
Pembukuan
:
30%
- Sub Bagian
Rumah Tangga
:
30%
·
Besarnya Biaya Depresiasi Alat-alat untuk tiap
bulannya dengan mengunakan Metode Garis Lurus ditetapkan di bagian
Administrasi Umum sebagai berikut :
- Sub Bagian
Sekretariat :
Rp. 75.000,- per bulan
- Sub Bagian
Pembukuan
:
Rp. 110.000,- per bulan
- Sub Bagian
Rumah Tangga
:
Rp. 80.000,- per bulan
PT XYZ Persada.
Budget Biaya Administrasi Umum
|
||||
Januari – Maret 2009
|
||||
(Rupiah)
|
||||
Keterangan
|
Sekretariat
|
Pembukuan
|
Rumah
Tangga
|
Jumlah
|
Januari
|
||||
Gaji
Karyawan
|
12.000.000
|
11.000.000
|
10.000.000
|
33.000.000
|
Bahan Pembantu
|
3.810.000
|
3.660.000
|
3.810.000
|
11.280.000
|
Pemeliharaan
Gedung
|
50.200
|
37.650
|
37.650
|
125.500
|
Pemeliharaan
Alat
|
2.140.000
|
2.140.000
|
2.140.000
|
6.420.000
|
Listrik
|
120.000
|
90.000
|
90.000
|
300.000
|
Depresiasi
Gedung
|
180.000
|
135.000
|
135.000
|
450.000
|
Depresiasi
Alat-alat
|
75.000
|
110.000
|
80.000
|
265.000
|
Jumlah
|
18.375.200
|
17.172.650
|
16.292.650
|
51.840.500
|
Februari
|
||||
Gaji
Karyawan
|
12.000.000
|
11.000.000
|
10.000.000
|
33.000.000
|
Bahan
Pembantu
|
3.810.000
|
3.660.000
|
3.810.000
|
11.280.000
|
Pemeliharaan
Gedung
|
50.200
|
37.650
|
37.650
|
125.500
|
Pemeliharaan
Alat
|
2.140.000
|
2.140.000
|
2.140.000
|
6.420.000
|
Listrik
|
120.000
|
90.000
|
90.000
|
300.000
|
Depresiasi
Gedung
|
180.000
|
135.000
|
135.000
|
450.000
|
Depresiasi
Alat
|
75.000
|
110.000
|
80.000
|
265.000
|
Jumlah
|
18.375.200
|
17.172.650
|
16.292.650
|
51.840.500
|
Februari
|
||||
Gaji
Karyawan
|
12.000.000
|
11.000.000
|
10.000.000
|
33.000.000
|
Bahan
Pembantu
|
3.810.000
|
3.660.000
|
3.810.000
|
11.280.000
|
Pemeliharaan
Gedung
|
50.200
|
37.650
|
37.650
|
125.500
|
Pemeliharaan
Alat
|
2.140.000
|
2.140.000
|
2.140.000
|
6.420.000
|
Listrik
|
120.000
|
90.000
|
90.000
|
300.000
|
Depresiasi
Gedung
|
180.000
|
135.000
|
135.000
|
450.000
|
Depresiasi
Alat
|
75.000
|
110.000
|
80.000
|
265.000
|
Jumlah
|
18.375.200
|
17.172.650
|
16.292.650
|
51.840.500
|
Jumlah
Triwulan I
|
55.125.600
|
51.517.950
|
48.877.950
|
155.521.500
|
Daftar
Pustaka
Haruman,Tendi
dan Sri Rahayu.2007. Penyusunan Anggaran Perusahaan. Penerbit Graha Ilmu:
Yogyakarta.
Adisaputro,Gunawan
dan Marwan Asri.2008. Anggaran Perusahaan. Penerbit BPFE-Yogyakarta.
halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.
BalasHapus